Translate

Jumat, 26 Februari 2016

INI DIA SISI GELAP PERUSAHAAN BESAR DI DUNIA


"- The Lord has GIVEN a green environment, let’s KEEP it together!".

Perusahaan akbar bersama dana yg gede dapat laksanakan apa saja, bisa saja mengambil kebaikan tetapi mampu pun malah mengambil kerusakan. Saat Ini silakan kita tonton sudut gelap dari perusahaan-perusahaan ini : 

CHEVRON 


Sekian Banyak perusahaan minyak akbar patut masuk list ini, namun Chevron paling pantas mendapat ruang kusus. Antara th 1972 hingga 1993, Chevron (setelah itu Texaco) menumpahkan 18 miliar galon air beracun ke hutan hujan Ekuador tidak dengan perbaikan apapun, menghancurkan mata pencaharian petani lokal & menciptakan sakit penduduk asli. Chevron pun sudah lakukan tidak sedikit polusi di sini di Amerika Serikat : Terhadap th 1998, Richmond, California menggugat Chevron atas kelalaian dalam mekanisme pengolahan air limbah & mencemari pasokan air lokal, demikian serta di New Hampshire pada th 2003. Chevron bertanggung jawab atas kematian sekian banyak orang Nigeria yang memprotes perusahaan itu atas polusi &eksploitasi di Delta Nigeria. Chevron membayar milisi lokal, yg dikenal atas pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia,meredam protes, & bahkan memasok mereka bersama helikopter &perahu. Militer menembaki masyarakat & membakar desa mereka hingga habis. 

DeBeers 


DeBeers dengan cara tak serta-merta mendanai kegiatan gerilya kekerasan di Angola, Sierra Nevada, & Kongo bersama membeli "berlian berdarah". Di Botswana, DeBeers telah disalahkan utk "membersihkan" lahan yg bakal ditambang berlian - termasuk pemindahan paksa penduduk tradisi yg sudah tinggal di sana selagi ribuan thn. Pemerintah diduga ikut memotong pasokan air suku itu, beserta ancaman, penyiksaan dan bahkan hukuman gantung bagi yg melawan. 

Tyson


Apa kesalahan Tyson? Tyson sudah membiarkan daging sapi tercemar bakteri e-colli untuk memasukkan dalam pasokan makanan. Suatu penelitian baru menunjukkan bahwa ayam Tyson ialah unggas yg paling tidak sedikit salmonella-and-campylobactor dari semua pemasok penting. Seakan itu tak pass bernoda, Tyson sudah digugat berulang kali atas membuang limbah tanpa izin yg tak diolah ke suplai air Tulsa's, sesudah mereka digugat mula-mula kalinya, mereka cuma membayar denda & tetap bekerja seperti semula. Tyson sudah menciptakan orang sakit bersama amonia dari peternakan pabrik mereka. Tyson pula ternama lantaran sengaja mempekerjakan imigran gelap & bahkan sudah dituduh terlibat perdagangan manusia buat memasok perusahaan dgn tenaga kerja murah. 

Smith and Wesson 


Juga Sebagai pembuat paling besar pistol (& sub senapan mesin) di Amerika Serikat, Smith dan Wesson dengan cara tak serentak bertanggung jawab atas kematian tidak terhitung dikarenakan penembakan - tak cuma oleh dinas kepolisian & pemerintah , namun oleh penjahat & oleh "kecelakaan . "Dalam satu buah studi menyangkut sepuluh senjata yang terlibat dalam kriminil di Amerika Serikat, yg perdana yakni Smith dan Wesson.38 Teristimewa. Urutan 6 & 7 pun Smith & Wessons. Dengan Cara statistik, penelitian sudah menunjukkan bahwa senjata yg diperlukan lebih tidak jarang kepada kriminil dari pada membela diri. Pasti saja, "Bukan senjata yg membunuh orang tetapi orang yg membunuh orang" & tidak jarang, mereka memakai senjata Smith & Wesson utk melakukannya. 

Phillip Morris 


Phillip Morris merupakan pembuat rokok paling besar di AS. Rokok didapati menyebabkan kanker terhadap perokok, juga cacat lahir kepada anak-anak yg belum lahir bila sang ibu merokok waktu hamil. Asap rokok mengandung 43 bahan karsinogen yg dikenal danl ebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk juga karbon monoksida, formaldehida, hidrogensianida, nikotin, amonia& arsen. Nikotin, zat kimia psiko aktif penting dalam tembakau,sudah terbukti dengan cara psikologis adiktif. Merokok meningkatkan tekanan darah,mempengaruhi system saraf pusat, &menyempitkan pembuluh darah. Puntung rokok adalah polutan mutlak sbg perokok teratur melemparkan filter mereka ke tanah.Tidak Sedikit dari filter ini jatuh ke air segar & air tawar, di mana bahan kimia mereka menyerap dalam air. 

Haliburton 


Tiap-tiap perusahaan yg mempunyai Dick Cheney sbg CEO sudah jadi jahat. Haliburton, perusahaan ladang minyak agung, mendapat keuntungan gede diwaktu Invasi AS ke Irak disaat Cheney memanggil anak buahnya utk memadamkan sumur minyak yang terbakar - & utk "membantu" kementerian minyak Irak memompa & mendistribusikan minyak. Haliburton serta sudah terlibat dalam tumpahan minyak yg tidak terhitung sebanyak, termasuk juga bencana BP thn 2010. 

Coca Cola 


Coca Cola menciptakan kehancuran di India, dimana pabrik-pabrik Coca Cola memanfaatkan sampai satu juta liter air per hri, meninggalkan puluhan ribu penduduk setempat kekeringan sewaktu bulan-bulan periode kemarau. Selanjutnya pabrik membuang limbah tidak benar, mencemari apa serta air yg tersisa. Satu Buah gugatan terhadap thn 2001 menuduh Coca Cola mempekerjakan paramiliter di Columbia buat menekan serikat pekerja di pabrik Cola sana lewat intimidasi, penyiksaan & pembunuhan. 

Pfizer 


Pfizer, perusahaan farmasi paling besar di AS, mengaku bersalah kepada th 2009 dengan penipuan perawatan kesehatan paling besar dalam peristiwa Amerika Serikat, menerima hukuman pidana tidak legal paling besar yg sempat buat pemasaran empat obat nya. Ini adalah kasus keempat seperti Pfizer. Seakan-akan memakai Pfizer gede hewan percobaan tak pass memilukan hati, Pfizer memutuskan utk memakai anak-anak Nigeria sbg kelinci percobaan. Kepada th 1996, Pfizer berangkat ke Kano, Nigeria untuk cobalah suatu eksperimen meningitis antibiotika kepada penyakit ke-3 dunia seperti campak, kolera, & bakteri. Mereka berikan trovafloxacin utk kurang lebih 200 anak-anak. Puluhan dari mereka wafat dalam percobaan, sementara yg lain banyak dikembangkan cacat mental & fisik. Menurut EPA, Pfizer serta sanggup dgn bangga mengklaim sbg di antara sepuluh perusahaan tertinggi di Amerika menyebabkan polusi hawa yg paling. 

ExxonMobil 


ExxonMobil mungkin saja paling dikenal dikarenakan tumpahan minyak Exxon Valdez 1989 yang mengakibatkan 11 juta galon minyak mencemari Prince William Sound. Tetapi mereka juga telah bertanggung jawab atas tumpahan minyak gede di Brooklyn & membantu menurunkan komune paus abu-abu Rusia yg terancam punah sebab pengeboran di habitat aslinya. The Political Economy Research Institute berikan ExxonMobil peringkat keenam di antara perusahaan yg membuahkan polusi hawa di Amerika Serikat. Penyangkalan ExxonMobil tanpa membersihkan kekacauannya, tetapi malah mendanai penelitian ilmiah yg menyangkal pemanasan global. 

Caterpillar Company 


Caterpillar jual seluruh type traktor, truk & mesin - termasuk juga tidak sedikit kendaraan,kapal & kapal selam yg difungsikan oleh militer AS. Caterpillar serta memasok Tentara Israeldgn buldoser yg dipakai utk menghancurkan rumah-rumah Palestina kadang-kadang bersama beberapa orang tetap berada di dalam. Terhadap thn 2003 sebuah buldoser Caterpillar melindas & membunuh Rachel Corrie, seseorang Amerika yg laksanakan protes di Gaza secara berdiri di depan traktor utk mencegah penghancuran hunian Palestina. 

Ringling Brothers and Barnum and Bailey Circus 


"Acara paling kejam di Bumi" ternama bersama penyalahgunaan atas binatang liar. Terhadap bln Juli 2004, Clyde, seekor singa jejaka yg bepergian bersama Ringling, meninggal dalam gerbong sebab buruknya ventilasi sementara sirkus melewati Gurun Mojave padasuhu melebihi 100 derajat Fahrenheit. Gajah circus dengan cara teratur dikurung tatkala berhari-hari terhadap sebuah saat & dipukuli dgn bullhooks & listrik prods, & di waktu mereka telah lumayan disiksa, mereka balas menyerang. Dalam satu kasus yg populer terhadap thn 1994, seekor gajah bernama Tyke menewaskan pelatih-nya dan melukai 12 penonton sebelum ditembak mati di jalan-jalan Honolulu. Ringling Brothers dan Barnum & Baily Circus pun mempunyai rekor membunuh penontonnya sendiri akibat kebakaran gede di tenda-nya thn 1944 yg menewaskan seratus penonton -belakangan ketahuan kanvas tenda memanfaatkan bahan tak tahan api. 

Monsanto 


List kriminil Monsanto termasuk juga membuat "benih terminator" yang menciptakan tanaman yg tak sempat berbuah atau berbunga maka petani mesti membeli bibit baru dengan cara tahunan, melobi untuk menghapus label "Bebas Hormon" dari label susu bayi & pengganti susu (bovine hormon pertumbuhan diyakini menjadi akselerator kanker) pula beragam pelanggaran lingkungan & kesehatan manusia yg terkait dgn pemakaian racun Monsanto - yg paling terutama "Agen Oranye."Antara 1965 & 1972, Monsanto sudah membuang ribuan ton limbah beracun di Inggris.Menurut Tubuh Lingkungan Hidup bahan kimia konsisten mencemari air tanah & udara walaupun sesudah 30 th sesudah mereka dibuang. Negeri sektor Alabama pula menggugat Monsanto sebab sewaktu 40 thn membuang merkuri & PCB ke dalam anak sungai setempat. 

Nestle 


Nestle terlibat deforestasi besar-besaran di Borneo - habitat orangutan terancam punah - utk tumbuhan kelapa sawit, & membeli susu dari peternakan tidak legal. Nestle juga menciptakan sengketa bersama ahli lingkungan buat klaim konyol nya bahwa air botol adalah "eco-friendly" di waktu sebaliknya yakni benar. Nestle mendesak ibu di negara-negara dunia ke 3 buat memakai susu bayi mereka, yang merupakan pengganti ASI, tanpa memperingatkan mereka dari pengaruh negatif yg bisa saja timbul. 

British Petroleum 


Siapa yg dapat melupakan ledakan anjungan minyak th 2010 di Pantai Teluk yang menewaskan 11 pekerja & ribuan burung, penyu laut, lumba-lumba & hewan lainnya, & dengan cara efektif menghancurkan perikanan & industri pariwisata di wilayah ini? Ini bukan kriminil perdana BP pada alam. Bahkan, antara Januari 1997 Dan Maret 1998, BP bertanggung jawab atas 104 tumpahan minyak. Tiga belas pekerja rig tewas th 1965 tatkala satu ledakan, 15 dalam ledakan 2005. Pun kepada th 2005,satu buah feri yg mengambil pekerja minyak BP jatuh, menewaskan 16 orang. Terhadap thn 1991, EPA mengutip BP sbg perusahaan yg paling polusi di Amerika Serikat. Terhadap thn 1999, BP dituduh membuang limbah beracun di Alaska,setelah itu terhadap 2010 atas kebocoran bahan berbahaya beracun ke hawa di Texas. Terhadap bln Juli 2006, Petani Kolombia memenangkan penyelesaian dari BP sesudah mereka menuduh perusahaan memanfaatkan pemerintah paramiliter Kolombia melindungi pipa Ocensa. 

Dyncorp 


Perusahaan militer privat tidak jarang disewa oleh pemerintah AS utk melindungi kepentingan Amerika diluar negara - maka pemerintah dapat mengklaim tak bertanggung jawab atas perbuatan DynCorp's. DynCorp ternama lantaran kebrutalannya di negara-negara miskin, utk perdagangan budak sex anak, utk membantai masyarakat sipil di Irak & Afghanistan, & utk pelatihan pemberontak di Haiti. Di antara beberapa persaingan yg ketat, DynCorp kemungkinan perusahaan penghasilan paling mematikan & paling jahat di Amerika Serikat.

"- It is our EARTH, it is PRECIUOS".


1 komentar: